Rabu, 05 Agustus 2009

S

Satuan Pengamanan Hutan adalah pegawai organik yang diangkat oleh pimpinan perusahaan pemegang izin usaha pemanfaatan hutan atau petugas yang dibentuk oleh masyarakat hukum adat untuk melaksanakan tugas pengamanan di areal hutan yang menjadi tanggung jawabnya.

Silvikultur: budidaya hutan atau sistem teknik bercocok tanaman hutan mulai dari memilih benih atau bibit, menyemai, menanam, memelihara tanaman dan memanen.
Pengertian Silvikultur menurut Society of American Foresters (1950):
The art of producing and tending of forest; the application of the knowledge of silvics in the treatment of a forest; the theory and practice fo controlling forest establishment, composition and growth.
Seorang Silvikulturis tidaklah menanam pohon hanya sekedar supaya pohon tumbuh kuat ditinjau dari fisiologisnya, tetapi dengan tujuan bermanfaat bagi manusia secara biologis maupun ekonomis.
Kontrol silvikultur terhadap struktur dan tegakan menghendaki kaidah-kaidah yang memadukan pengetahuan biologi, pengelolaan dan ekonomis. selanjutnya >>> http://www.silvikultur.com/
Sistem silvikultur adalah sistem budidaya hutan atau sistem teknik bercocok tanaman hutan mulai dari memilih benih atau bibit, menyemai, menanam, memelihara tanaman dan memanen.

Silvikultur Intensif (Silin):


SPORC adalah Satuan Khusus Polisi Kehutanan Reaksi Cepat.Pembentukan Satuan Tugas Khusus Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) oleh Departemen Kehutanan merupakan upaya untuk menjamin terselenggaranya perlindungan hutan sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 41 tahun 1999 tentang Kehutanan.Untuk mendukung ketrampilan dan profesionalitas anggota SPORC, telah dilakukan pelatihan menembak yang diselenggarakan di Bandung, bekerjasama dengan Polda Jawa Barat. Selain itu juga telah diselenggarakan Diklat Komando SPORC bagi seluruh Pembina Brigade SPORC di SECAPA Polri.Saatini anggota SPORC berjumlah 893 orang yang tersebar dalam 11 brigade. Satu Brigade terbagi dalam Kepala Satuan, Unit Intelijen, Unit Operasi, Unit Penyelidikan, Unit Perlengkapan dan Logistik, serta Unit Rencana, Program dan Evaluasi. Brigade yang ada tersebut saat ini adalah Brigade Macan Tutul di Sumatera Utara, Brigade Beruang di Riau, Brigade Harimau di Jambi, Brigade Siamang di Sumatera Selatan, Brigade Bekantan di Kalimantan Barat, Brigade Kalawat di Kalimantan Tengah, Brigade Enggang di Kalimantan Timur, Brigade Anoa di Sulawesi Selatan, Brigade Kasuari di Irian Jaya Barat, Brigade Kangguru di Papua dan Brigade Elang di Jawa, Bali, NTT dan NTB.Sampai dengan tahun 2009 direncanakan Departemen Kehutanan memiliki anggota SPORC sebanyak 1.500 orang. Diklat SPORC dimulai tahun 2005, setiap tahunnya dilakukan diklat sebanyak 300 orang.
SMART adalah Satuan Manggala Agni Reaksi Taktis.Saat ini anggota SMART berjumlah 150 , sedangkan jumlah personil Manggala Agni sebanyak 1.560 orang.
Sumber daya alam hayati adalah unsur-unsur hayati di alam yang terdiri dari sumber daya alamnabati (tumbuhan) dan sumber daya alam hewani (satwa) yang bersama dengan unsur non hayati di sekitarnya secara keseluruhan membentuk ekosistem.
Sumber daya genetik ialah bahan genetik yang mempunyai nilai nyata atau potensial.
Sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan yang jatuh dari atas atap rumah atau daerah kedap air dan meresapkannya ke dalam tanah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komodo (Varanus komodoensis)

Komodo (Varanus komodoensis)